Pentingnya Memperbarui Sample Voice Over

Uniknya seorang voice over atau pengisi suara atau dubber talent sebab ia bisa memajang kebolehannya bukan dalam bentuk tulisan melainkan dalam format demo voice over reel. Apa itu voice over reel? Secara garis besar, voice over reel berisikan demo atau contoh suara sang voice over talent dimana dalam satu reel bisa mengandung beberapa sampel suara.

Voice over reel bisa berfungsi sebagai media promo sekaligus kartu bisnis. Jadi wajib hukumnya, seorang voice over talent untuk memberikan demo suara yang benar-benar bagus dengan mutu editan kualitas prima. Sebab melalui voice over reel inilah calon klien bisa secara gampang mengetahui kualitas dan tipe suara yang mereka butuhkan untuk project atau kebutuhan mereka.

Ada beberapa poin yang bisa diterapkan di sini sebelum mulai rajin melakukan update untuk voice over reel. Fokuslah untuk memproduksi voice over atau pengisi suara atau dubber reel yang menunjukkan jangkauan atau jenis suara yang bisa dilakukan. Lalu, usahakan terus memperbaharui voice over reel, seperti mengunggah hasil pekerjaan voice over dalam rentang 30 hari. Akan lebih baik jika seorang voice over talent membagikan pula karyanya saat mengisi suara untuk produk iklan, film atau acara televisi untuk lebih meyakinkan calon klien.

Selain berfokus menggarisbawahi portofolio, seorang voice over atau pengisi suara atau dubber talent dapat pula mengisi voice over reel mereka dengan kebiasaan mengisi suara atau membawakan karakter yang mereka sukai. Hal ini bisa disebut sebagai strategi untuk “menjemput” calon klien atau project yang mungkin saja sedang mencari jenis suara yang didemokan tadi.

Jangan ragu-ragu untuk bermain-main dengan banyak jenis suara di sini. Bisa dengan jenis suara seperti penyiar radio, membawakan iklan hingga bertingkah seperti seorang aktor ternama.

Jika sudah membuat konten yang pas, jangan lupa untuk melakukan penyuntingan secara tepat. Bisa pula menaruh musik atau latar suara pendukung agar voice over reel tetap semarak tanpa berlebihan. Upayakan voice over reel tidak terlalu panjang agar tidak membosankan. Durasi sekitar 60 detik sudah cukup untuk mengesankan calon klien atau siapa pun yang mendengarkan media promo ini. Konsisten memperbaharui voice over reel bakal memberikan informasi ke calon klien bahwa si voice over talent selalu siap memberikan tawaran jasa voice over dengan beragam kebutuhan.