Pentingnya Voice Reel Dalam Karir Voice Over Talent

Memproduksi voice over reel yang efektif dapat berbicara banyak. Voice over reel sangat penting mulai dari mempertunjukkan cakupan kualitas voice over atau pengisi suara atau dubber yang dipunyai hingga menggaet calon klien. Voice over reel sendiri berarti kumpulan beberapa contoh suara terbaik seorang voice over atau pengisi suara atau dubber talent dalam satu koleksi rekaman demo. Nantinya keseluruhan demo suara terbaik ini ditaruh dalam satu file yang bisa diklik oleh siapa pun.

Dalam voice over reel, seorang voice over talent dapat memasukkan portofolio pekerjaan rekaman yang pernah mereka lakukan selama ini. Ini seperti halnya seorang penulis yang membuat portofolio pekerjaan melalui tautan ke link mereka. Jika anda sudah cukup lama malang melintang di dunia voice over atau pengisi suara atau dubber, anda mempunyai banyak bahan untuk dibuat sebagai voice over reel. Untuk portofolio saja sudah menjadi bahan voice over reel tersendiri. Sebut saja beberapa proyek besar yang pernah anda lakukan. Biasa dengan “menebeng” perusahaan atau proyek besar, anda akan memperoleh nilai tambahan yang lumayan untuk mendongkrak nama anda.

Bisa pula voice over reel berisikan jenis suara yang anda bisa bawa. Dalam hal ini, sebut saja karakter tokoh yang bisa anda bawakan, seperti tokoh anak, antagonis, penakut dan lainnya.

Ada berbagai macam jenis voice over reel yang bisa anda buat. Bisa per topik seperti di atas, atau bisa campuran. Jika memilih versi campuran, diperlukan usaha untuk mengeditnya nanti.

foto freelance

Yang perlu diingat adalah voice over reel sebaiknya tidak berdurasi panjang agar tidak membosankan bagi calon audiensnya.  Oleh karena itu, sangat penting memilih voice over mana saja yang patut dimasukkan ke dalamnya. Jangan lupa pula untuk menyunting baik konten dan audio untuk hasil akhir yang optimum. Perhatikan suara audio latar. Pilihlah yang mendukung keseluruhan konten. Jika perlu masukkan audio latar yang berubah-ubah mengikuti jenis konten dalam voice over reel yang dibuat.

Selamat membuat voice over reel ya. Semoga bisa “mencuri panggung” di telinga audiens dalam beberapa detik pertama saja.