Peran Pembawa Acara Podcast Dalam Perkembangan Media Baru

Perkembangan teknologi dan internet membawa hawa baru bagi dunia penyiaran. Istilah podcast kembali muncul dengan segar menggawangi mereka yang ingin menyalurkan bakat dan hobi menjadi konten podcast yang bisa leluasa diunggah dan dibagikan pada banyak platform.

foto fry voice vector

Istilah pembawa acara podcast pun muncul belakangan, yang secara garis besar merujuk pada mereka yang mulai menjadikan hobi bercuap-cuap membagikan konten bermutu melalui media podcast. Pembawa acara podcast memang serasa mempunyai wadah yang begitu besar dengan naiknya tren podcast di kalangan masyakarat. Tipe media ini memang mempunyai banyak kelebihan memfasilitasi mereka yang doyan mendengarkan siaran audio selain musik.

Secara global, akan terjadi peningkatan media dengan format audio sepanjang 2018. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Nic Newman dalam hasil studi Journalism, Media, and Technology Trends and Predictions 2018 yang merupakan gagasan dari Reuters Institute for the Study of Journalism dan University of Oxford. Hasil studi tersebut berdasarkan survei terhadap 194 editor, bos, dan pejabat perusahaan media digital dunia.

Gaya hidup manusia zaman now yang makin dinamis membuat mereka membutuhkan hiburan sekaligus konten informatif. Konten podcast bisa diputar kapan saja, ragam isinya pun bisa beraneka ragam, tergantung kreativitas sang pembawa acara podcast. Jika tidak mau streaming, audiens bisa terlebih dahulu mengunduh konten podcast yang disukai. Lalu mereka bisa leluasa mengambil jeda, menghentikan dan melanjutkan mendengarkan podcast sesuka hati mereka.

Layaknya vlogger atau blogger, pembawa acara podcast harus mempunyai konsistensi tingkat tinggi agar bisa menjadi seorang profesional. Dalam hal ini, pembawa acara podcast mesti rajin mengunggah kontennya dengan tema yang terfokus dan mendalam. Jangan ragu pula dalam mengeksplorasi topik lain jika memang perlu. Berlatih vokal menjadi aspek penting agar audiens merasa nyaman, dan jika perlu merindukan jenis suara pembawa acara podcast tersebut.

 

Usai membuat konten yang bagus, pembawa acara podcast juga wajib mempromosikan hasil karyanya pada banyak platform media sosial dan aplikasi. Meramaikan komunitas dan forum terkait podcast dapat menambah daya gaung pembawa acara podcast tersebut. Meski profesi pembawa acara podcast belum begitu terkenal di Indonesia, tidak ada salahnya memulai langkah dini terlebih dahulu agar menjadi pembawa acara podcast yang selangkah lebih maju dibanding lainnya.