Cara Setting Rode Podcaster Microphone

Memilih mikrofon bermutu menjadi investasi yang layak dipertimbangkan bagi kalian yang baru menggeluti dunia podcast dan voice over atau yang telah profesional. Mikrofon bagus membantu dalam menghasilkan suara akhir yang jernih, bening dan mudah disimpan menjadi file.

Bagi podcaster, Rode Podcaster bukan lagi produk mikrofon yang asing. Mikrofon buatan pabrikan asal Australia ini mempunyai banyak varian tergantung kebutuhan podcaster atau voice over talent.

Baru pertama membeli Rode Podcaster? Berikut kami sajikan Rode Podcaster Setup atau cara menggunakan Rode Podcaster sebagaimana kami terjemahkan dari panduan manual Rode.

Rode Podcaster sendiri dirancang untuk penggunaan yang memerlukan suara jelas dan bisa dihubungkan dengan alat koneksi digital. Cara memakainya cukup plug in Rode Podcaster dengan kabel USB yang tersedia. Setelah itu mulailah bersiaran atau menyunting video yang telah diambil.

Dalam Rode Podcaster Setup, langkah pertama yang mesti dilakukan yakni menentukan level suara yang pas. Carilah “Sound Level” di Rode Podcaster kalian untuk memastikan kalian tidak melampaui tingkat suara yang mampu ditangani oleh mikrofon tersebut. Pada saat yang bersamaan, pastikan suara tersebut tidak terlalu rendah dan malah tidak bisa ditangkap oleh mikrofon tersebut.

Langkah Rode Podcaster Setup berikutnya pastikan kalian berbicara langsung di depan mikrofon tersebut untuk memastikan suara yang keluar jernih. Ketika berbicara di depan mikrofon tersebut, kalian sebaiknya bisa melihat status hijau di LED.

Setelah itu, tempatkan Rode Podcaster pada lokasi yang pas sebab posisi mikrofon dapat mengubah kualitas suara. Suara lingkungan dan latar tempat kalian bersiaran akan berubah-ubah tergantung pada posisi mikrofon. Cara terbaik untuk mengoptimalkan suara adalah dengan mencoba  banyak posisi dan menjauhkan lokasi perekaman dengan sumber suara dari luar sebisa mungkin.

Tak lupa pula manfaatkan headphone dan stand mount. Headphone membantu dalam memonitor suara yang muncul dari headphone sedangkan stand mount memudahkan jika ingin mewawancara orang. Kalian tidak perlu repot memegang mikrofon sehingga tinggal fokus ke kontennya.

Semoga panduan singkat ini membantu kalian memaksimalkan Rode Podcaster yang dimiliki.